Begini Manfaat Tes HSG untuk Pemeriksaan Tuba Falopi Merangsang Kehamilan

Ilustrasi Kehamilan

Sistem reproduksi sehat atau tidak belum bisa dipastikan terutama untuk kaum hawa. Adapun tes HSG atau Histerosalpingografi dapat dilakukan ketika sulit hamil.Sebelum melakukan tindakan surgery, sebaiknya pemeriksaan tuba falopi dengan HSG menjadi salah satu langkah dini setelah mengetahui gejala dini mengapa kehamilan terlambat. Nah, yuk simak lebih dekat  manfaat HSG.

Manfaat HSG  Pemeriksaan Tuba Falopi 

Cek kesuburan kandungan dengan HSG dilakukan pemantuan saluran tuba setelah disterilisasi. Jangan dulu melakukan operasi ligasi tuba falopi. Dapatkan menfaat dari HSG terlebih dahulu bagus dilakukan:

  1. HSG dapat membilas sebuah penyumbatan kecil yang berada di jalur tuba falopi. Sehingga, cara ini dapat membuat kehamilan terjadi.
  2. Zat kontras yang diberikan selama tes HSG dapat memperbaiki endometrium (lapisan rahim). Perbaikan Endometrium dapat membantu embrio tertanam sekaligus dapat merangsang kehamilan. Efek setelah HSG biasanya akan terjadi anti-inflamasi.
  3. Zt kontras yang dilepaskan juga dapat mempengaruhi daerah ovarium untuk meningkatkan proses ovulasi.
  4. Setelah melakukan HSG pemeriksaaan tuba falopi, kateter yang ditempatkan kedalam serviks dapat meningkatkan peluang untuk hamil. Namu, perlu diingat secara terapeutik, akan mengakibatkan goresan pada endometrium.
  5. Dampak tes HSG juga akan terasa lebih besar bagi ibu yang bentuk rahim sulit dijelaskan. Kondisi ini mungkin terjadi karena ada permasalahan kesuburan yang terkait dengan kekebalan tubuh disebut juga dengan kelainan rahim endometriosis. 

Perawatan Setelah Pemeriksaan Tuba Falopi dengan HSG

Setiap pasca penanganan medis seperti pemeriksaan dengan HSG ini akan merasakan beberapa kondisi. Anda akan merAsa kram di bagian perut seperti datang haid. Selain itu akan mengalami pusing. Namun hal seperti itu memang wajar dan lama-lama bisa menghilang sendiri.  Untuk mengatasi hal ini sebaiknya Anda beristirahat normal, makan makanan yang sehat agar tubuh kembali pulih sediakala. 

Adapun gejala dibawah ini yang Anda rasakan :

  1. Demam atau badan terasa panas tidak kunjung menurun
  2. Nyeri dan keram yang dirasakan sangat hebat
  3. Keluar cairan tidak sedap dari vagina
  4. Pingsan
  5. Ada bercak darah dari vagina padahal tidak sedang haid
  6. Muntah-muntah 

Segera menghubungi dokter jika terjadi hal diatas setelah melakukan pemeriksaan tuba falopi dengan HSG.

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *